Friday, June 7, 2013

Mie Ayam Ibu Tumini

Alamat :  Jalan Imogiri Timur 187 Giwangan Yogyakarta (Utara Terminal Giwangan)
Buka setiap hari dari jam 09:00 – 16:00 WIB

Harga mulai Rp 5.000

Setiap kerumunan biasanya akan muncul warung unggulan, begitu juga warung ini, biasa digauli oleh sopir, kernet dan orang beraktifitas dalam terminal Giwangan, maka pesan berantai mulut kemulut tentang kelezatannya terentang panjang. Kalau kita ingin berwisata kuliner, rasanya kurang lengkap jika tidak berkunjung ke tempat yang satu ini. Dengan cita rasa mie ayamnya yang khas pasti pengunjung rela bolak-balik hingga terminal giwangan. Mie Ayam Ibu Tumini, merupakan mie ayam yang sagat unik.


Mie ayam Bu Tumini berlokasi di Jalan Imogiri Timur no 187, tepatnya di sebelah utara sebelum terminal Giwangan. Kalau Anda berjalan dari arah utara (arah kota), warung ini terletak di sebelah kiri jalan. Tak perlu khawatir kesasar karena warung ini memiliki spanduk yang cukup besar bertuliskan "Mie Ayam Ibu Tumini" dan hampir selalu ramai dengan motor yang berjajar parkir di depan warung. Warungnya bernuansa sederhana, seperti depot-depot rumah makan biasanya, dan tidak lupa ada gerobak mie ayam didepan warungnya, seperti warung mie ayam kebanyakan, rasanya janggal jika berjualan mie ayam tetapi tidak menghadirkan gerobak.



Mie Ayam Ibu Tumini menyajikan menu mie ayam yang sesuai dengan lidah orang jawa yang sudah terbiasa dengan masakkan berbumbu rempah sejak dulu, bumbu ayam di Mie Ayam Ibu Tumini merupakan hasil dari inovasi pemiliknya yang memang memodifikasi bumbu yang digunakan sehingga rasanya sesuai dengan selera kita tapi tetapi tidak kalah enak dengan mie ayam lainnya.


Tekstur mie disini sangatlah lain-daripada mie ayam yang lain, mienya bulat bulat dengan bentuk tabung tak teratur, besar-besar,  sangat kenyal dan “pas” dilidah, jika digigit akan menghadirkan sensasi tersendiri. Membuat kita tidak jenuh memakan mie ini. Kuahnya, sangatlah unik seperti kuah kari tetapi bercitarasa rempah jawa, teksturnya sangat kental, enak dilidah. Dan yang paling penting, Mie Ayam Ibu Tumini  selalu membuat perut kenyang karena benar-benar enak, membuat kita ingin memakannya lagi dan lagi.

Keunikan lain pada saat saya melihat daftar menu di warung ini adalah kita dapat memesan mie ayam dengan porsi sesuai dengan kebutuhan perut kita yang di warung-warung lain tidak tersedia. Maksud saya di sini adalah kita dapat memilih mie ayam dengan porsi separo, tanpa ayam, porsi jumbo, ekstra ayam, ekstra sawi, dan juga kita dapat memesan ekstra ceker.


 Saya benar-benar sangat beruntung bisa berkunjung kesana. Walaupun tempatnya sangat ramai tetapi tidak perlu menunggu waktu yang lama pesanan kita sudah dihidangkan dimeja. Untuk tester, saya tak tanggung-tanggung, saya memesan satu porsi mie ayam jumbo. Seporsi mie ayam jumbo dibandrol dengan harga Rp 8.000,00 per-porsi, sangat sepadan antara harga, porsi, dan rasa. Saat melihat pesanan saya, seketika saya kaget, karena mie ini benar – benar berbeda dari yang lainnya. Seperti yang sudah saya jelaskan tadi, tekstur mie ini sangatlah unik, besar – besar dan kenyal, sampai – sampai saya tak kuasa melihat mienya benar-benar penuh menutupi mangkuk pesanan saya. Dan kuahnya, benar-benar ’mak nyus’ kalau kata Pak Bondan Winarno.



            Untuk minuman saya memesan es teh karena memang ini minuman sejuta umat yang cukup praktis dan cepat menghilangkan dahaga. Segelas es teh dibandrol dengan harga Rp 2.000,00 saja. Untuk pilihan minuman, Anda dapat memesan teh, jeruk, susu maupun kopi baik panas maupun dingin untuk menemani menyantap mie ayam. Oke total yang harus saya keluarkan untuk menikmati semangkuk mie ayam jumbo dan segelas es teh adalah Rp 10.000,00 saja, murah meriah bukan.
            Sedikit saran saya untuk warung Mie Ayam Ibu Tumini ini, untuk Mie Ayam Porsi Jumbonya, porsinya benar-benar sangat banyak, sehingga sebaiknya dihidangkan di mangkuk yang lebih besar dibanding ukuran standard mangkuk mie ayam, karena membuat kita sedikit kesulitan saat memakannya. Untuk tempatnya, mungkin bisa lebih sering dibersihnya, karena agak sedikit kotor.



            Terlebih lagi, jika kita berkunjung ke suatu tempat makan, janggal rasanya jika kita tidak meminta pendapat orang lain tentang tempat makan itu. Kami berkesempatan untuk bertanya pada Ibu Fitri, salah satu pengunjung warung Mie Ayam Ibu Tumini. Menurut Ibu Fitri, mie ayam disini sangatlah enak dan murah meriah. Saya setuju sekali Bu! Ayo, kalau kamu ngaku orang jogja, monggo mampir ke daerah giwangan, Mie Ayam Ibu Tumini, dijamin membuat lidah bergoyang! :D

Oleh:
Fitrana Amalia Hafizhah
XI IPS 2 / 10

No comments:

Post a Comment